Dosen tanpa tanda jasa

Untuk minggu ini,  tingkat akhir pendidikan bahasa inggris stkip garut masuk kuliah tiap hari, biasanya sih kita cuman kuliah tiga kali seminggu tapi dikarenakan mata kuliah ini waktunya kurang gara-gara kepotong ppl (praktik pengenalan lapangan) praktik ngajar di sekolah yang ada di garut selama 3 bulan kebelakang dan tiap hari sabtu suka kepotong libur nasional, akhirnya dosenpun mengganti pertemuan kuliah yang kurang dengan memeberikan mata kuliah yang sama selama 6 hari berturut-turut. Mata kuliah ini adalah mata kuliah psycholinguistik, bagi lo yang belum tau apa itu psycholinguistik ok gue bakal sedikit jelasin, psycholinguistic itu ilmu yang mempelajari aspek bahasa dari sisi psikologi. 

Awalnya, gue juga kurang ngerti ni MK ngebahas apaan karena tiap masuk mahasisiwa disuruh ngisi soal yang kadang bejibun trus kita cuman nyari jawaban sendiri tanpa banyak penjelasan dari dosen but ternyata itu gara-gara gue yang kesiangan, beliau syudah menjelaskan materinya ketika jam pertama perkuliahan so, kalo pengen ngerti mata kuliah ini ya berangkat kuliahnya harus kaya anak sekolahan. Jam 7 teng kita harus udah nyampe kampus kalo makin siang ya dosennya cuman jelasin seadanya aja kecuali kalo kitanya nanya. Tapi lambat laun gw ngerti dengan cara dosen ini ngajar, kenapa tiap masuk dia ngasih soal UAs terus yang kadang bikin gue kaget dan bertanya-tanya dalam hati "tuhaaaaan udah uas lagi, aku belum mengerti tuhaan kenapa kau berikan cobaan inih" #pakegayadramatis.. waitsss jangan panik dulu ternyata ini cuman latihan aja, belum uas beneran kita masih bisa liat buku buat ngisi soalnya . Beliau menjelaskan kepada kami, bahwa ini merupakan salah satu cara pengajaran paycholunguistik kalo mata kuliah ini di ajarin pake gaya ceramah dijamin mahasiswanya bakal banyak yang tidur tapi jika dengan cara sperti ini mahasiswa pasti akan lebih aktif. 

Pada saat awal masuk ngeganti jadwal yang bolong, minggu kemaren beliau  ngajarnya disatuin broh dari kelas 4A-4D lu bisa ngebayangin gak 180 orang mahasiswa dan mahasisiwi belajar diruangan yang hanya berkapasitas 40  orang wuuuhhh itu rasanya udah panas, gerah trus susah gerak ampe jongkok buat ngambil alat tulis yang jatohpun susaaahhh, kursi dimana-mana ampe yang kesiangan pun ngambil kursi lagi dari luar dan bikin barisan baru didepan wuiihh makin panjang aja nih barisan. Sperti biasa kamipun berdesak-desakan mengisi soal yang di berikan dosen.meskipun udah nerdesak-desakan kaya gitu kita gak ngambil pusing malah ketawa dan banyakin selfie, jarang-jarang kan kita belajar langsung 4 kelas.

Ok stop dulu cerita tentang kegiatan dikelasnya kalu ini gue bakal nyeritan siapa dosen yang ngajar kita di mata kuliah ini.Beliau adalah Dr.odo fadloely, beliau adalah dosen yang sangat luar biasa karena mengajar di beberapa perguruan tinggi   yang ada di garut dan bandung termasuk UPI, stkip suliwangi, STBA dan STKIP Garut. Beliau ini orangnya sangat aktif walaupun sudah tidak muda lagi, tapi beliau membawa sendiri kendaraannya ketika hendak mengajar itu merupakan. Hal yang luar biasa karena beliau ngajar didua kota bukan satu kota dan beliau menyiapkan segalanya sendiri termasuk untuk materi perkuliahan yang akan diajarakan kepada mahasisiwa beliau mengcopy materinya sendiri dengan uang pribadi tanpa pernah sekalipun beliau nyuruh kita buat bayar gak kaya dosen lainnya, beliau memang dosen idaman mahasiswa.  kita ampe mikir ni dosen tiap kuliah ngasih copian materi gratis, apa uanggya gak abis buat foto copyan :O bayangin aja tiap ngajar di ngekopi ampir lebih dari 200 lembar harga selembar kopian itu 200 rupiah perembar  di kali empat belas kali pertemuan dan beliau gak ngajar satu tingkat aja tapi adik tingkat juga, waaaaw persemester bisa abis jutaan tuh. Well sebagai mahasiswa kita cuman bisa ngucapin Makasih banget ya pak, buat ilmu sama materinya semoga ini menjadi amal ibadah buat bapak, sehat terus ya pak agar bisa ngajar kami terus.


Ok sekian dulu postingan kali ini masih banyaaaak tugas kuliah mengantri udah dulu ya pemirsaaahhh assalamaualaikuummm :)

Komentar

  1. Wah, sama dong kita....
    Aku juga ambil kuliah bahasa inggris.
    Tapi baru masuk tahun ini.. hahhah..
    Oh gitu yah kuliah... deg-degan..

    BalasHapus
  2. wellcome to the jungle de :D. selamat berjuang :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Anime Kiss Him Not Me ( Watashi ga Motete Dōsunda)